Saturday, May 17, 2014

MalwareBytes, Antivirus Alternatif Terbaik

MalwareBytes termasuk anti malware atau anti-virus alternatif yang terbaik. Mungkin protes para pengguna antivirus ini, “kok disebut antivirus alternatif ??”.
Alternatif disini maksudnya, karena masih banyak orang yang belum tau tentang anti virus ini. Kebanyakan mereka tahunya antivirus yang mahal (tidak perlu saya sebutkan disini… ntar ke-geer-an yang punya product). Padahal untuk urusan memproteksi komputer, MalwareBytes tidak kalah dibandingkan dengan anti virus lainnya. Kelebihan lainnya, file installanya kecil, ringan dan gratis.
Ini adalah sekelumit cerita saya ketika berkenalan dengan si MalwareBytes. Awal kisah dimulai dari TE…KA…PE… :).
Beberapa hari yang lalu, laptop saya mendapatkan pesan aneh, alias error. Ini dia errornya…
RunDLL
There was a problem starting
C:\Users\[…]\AppData\Local\Temp\\mdi064.dll
The specified module could not be found.
error mdi064 dll

Dapat pesan aneh begini, sudah langsung curiga, “dapat oleh-oleh virus dah ini”. Ternyata betul, setelah diselidiki lebih jauh, error RunDLL mdi064.dll ini adalah malware. Sebelum lanjut, mungkin ada yang bertanya apaan itu malware ? Apa bedanya sama virus ?
Nah, ini dia pertanyaan yang bagus… saya akan jelaskan disini tentang malware. Informasi ini baru saja saya dapatkan… sekalian saya share saja, supaya saya juga tidak lupa… hehehe… Dari informasi yang beredar di internet, banyak kesimpang siuranan tentang definisi malware itu sendiri. Ada yang menyebutkan malware itu adalah bagian dari virus… dan ada pula yang bilang virus merupakan salah satu jenis dari malware… Dan saya lebih condong untuk memilih pendapat yang terakhir. Virus adalah salah satu jenis dari Malware. Ini berdasarkan referensi yang menurut saya lebih akurat…
Beberapa kutipan berikut saya ambil dari postingan tetangga sebelah. Beberapa kata dan kalimat sudah diedit, tanpa merubah isi atau kandungan makna yang dmaksud.

Malware
Malware (Malicious Software) adalah software yang diciptakan untuk tujuan jahat. Pada dasarnya malware adalah software / program komputer, yang membedakan malware dengan software adalah tujuan dan aksinya yang merugikan komputer korbannya seperti mengubah (menghapus, mencuri atau menyembunyikan) data, mengkonsumsi bandwidth atau sumber daya lain tanpa seizin pemilik komputer atau aksi lain yang merugikan.
Jenis atau macam dari malware adalah virus, worm, Trojan, backdoor, exploit dan sebagainya ( dan pastinya akan terus berkembang dengan nama yang berbeda-beda…)

Virus
Malware yang untuk menginfeksi komputer membutuhkan bantuan / intervensi pihak ke tiga (biasanya sih manusia). Dengan kata lain virus tidak bisa berjalan secara otomatis menginfeksi komputer. Supaya manusia mau menjalankan dirinya, virus memalsukan dirinya sebagai file lain seperti .doc, .jpg atau folder yang jika di klik akan menjalankan virus.

Worm
Malware yang dapat secara otomatis menginfeksi komputer tanpa bantuan pihak ke tiga. Jadi sekali worm ada di komputer / jaringan, ia akan secara otomatis menyebarkan dirinya ke komputer lain dalam jaringan.
Supaya worm dapat menginfeksi komputer secara otomatis ia harus mengeksploitasi celah keamanan (vulnerability) software (bisa Windows, Office, Adobe Acrobat atau software apapun yang umumnya populer yang menjadi sasaran).
Maka dikenallah istilah patch software, yaitu update software untuk menambal celah keamanan. Jika software sudah dipatch, maka worm tidak dapat lagi menginfeksi sistem. Jadi dalam sistem yang terpatch, virus malah lebih mudah menginfeksi sistem dibandingkan worm.

Trojan
Malware yang menumpang pada program baik, seperti program crack, game atau program lain yang secara diam-diam menginstalkan dirinya pada sistem dan menjalankan kegiatan mata-mata seperti mencuri data, merekam ketukan keyboard dan mengirimkan ke alamat yang telah ditentukan oleh pembuatnya.

Spyware & adware
Spyware adalah program untuk memata-matai komputer korbannya. Pada awalnya spyware diciptakan untuk memata-matai profil pengguna komputer dan salah satu pemanfaatannya adalah menampilkan adware (software penampil iklan / ad) sesuai dengan profil / minat pengguna komputer dimana setiap kali iklan tampil di komputer korbannya akan memberikan keuntungan finansial langsung bagi pembuat adware ini (pay per click).
Kemudian beredar rogue antivirus (antivirus palsu) yang merupakan metamorfisis adware. Jika anti virus palsu ini berhasil aktif di komputer korbannya ia akan menakuti korbannya dengan menampilkan pesan palsu seakan-akan komputer korbannya terinfeksi oleh banyak sekali malware berbahaya. Pesan ini dirancang sedemikian rupa untuk mengganggu dan hanya bisa dibersihkan jika membeli aplikasi antivirus pada link yang disediakan.

Dari penjelasan di atas, seharusnya secara otomatis anda sudah tau perbedaan anti-malware dan anti virus. Anti-malware, membasmi malware termasuk virus di dalamnya. Sedangkan anti-virus membasmi virus, namun belum tentu membasmi jenis malware lainnya. Ok… Saya rasa cukup mengenai definisi malware dan jenis-jenisnya… Kembali ke masalah saya tadi…
Malware mdi064.dll  ini tidak terdeteksi oleh 2 buah antivirus yang sudah ada di laptop, yaitu Norton Internet Security 20.4.0.40 dan Smadav 9.7.1. Padahal kedua antivirus ini sudah terupdate… (maksudnya sudah terupdate database virusnya). Saat laptop direstart, pesan error masih tetap muncul.
Memalukan juga, kok bisanya tidak terdetek…  Terutama si Norton ini… Udah jauh-jauh diimpor dari luar negeri. Cuma segini aja ndak bisa… Tapi saya tidak menyerah. Dan tidak perlu panik.
Mungkin bagi sebagian orang ketika berhadapan dengan masalah virus, worm, malware dan sejenisnya, akan panik. Yang disalahkan yang nancepin flashdisknya lah… karena terhubung ke komputer temennya lah… anti virusnya jeleklah… dan seterusnya…
Kalau saya sih ndak perlu panik seperti itu… Ndak perlu takut… Yang namanya virus dan sejenisnya bisa ada dimana mana, wajarlah… Kalau laptop atau komputer anda tidak mau terjangkit virus, ya ndak perlu terhubung ke internet. Bila perlu ndak usah dinyalain…. Diemin aja dalam tas, bila perlu simpan di dalam brankas, digembok dan dirantai  terus tanam aja di halaman…. Udah paling aman dah itu… ( hahaha….)
Kembali ke laptop… eh… ke masalah malware tadi. Kemudian ada yang menyarankan menggunakan CC cleaner. Saya coba install dan menjalankan program cleaner-nya… tapi tetap saja problem tidak ter-solve.
Akhirnya setelah googling ke sana kemari, ketemu juga obatnya. Malwarebytes. Itulah nama obatnya. Anda bisa dapatkan di situs resminya. Karena software ini free. Saya berikan juga link dari saya. Silahkan dicoba.
malwarebytes anti-malware free

Dengan MalwareBytes, banyak sekali ternyata yang ditangkap, kemudian dibersihkan. Ndak tau yang tertangkap yang benar atau yang salah juga… Ndak ngerti… Yang pasti setelah laptop direstart, tidak ada lagi pesan-pesan aneh… Aman… hmmmm….
Sebagian orang kadang berpikiran negatif seperti ini (termasuk saya). “Jangan-jangan antivirusnya sendiri yang membuat dan melepas virus buatan sendiri ke dunia maya… kemudian si anti virus datang sebagai pahlawan kesiangan, membasmi virus… tentu saja bisa dibasmi kan dia sendiri yang tahu trik membasmi dengan benar. Dengan begitu dia akan terkenal dan ujung-ujungnya product-nya laku dijual…“
Kondisi saat ini, laptop masih terinstall 3 buah anti-virus / anti-malware. Norton, Smadav dan Malwarebytes. Mereka bertiga ternyata bisa hidup berdampingan secara damai. Tidak saling memusuhi atau memblok, hahaha…. Dan saya amati, MalwareBytes ini lebih aktif dan cepat bereaksi untuk memblok ketika masuk ke situs-situs yang mencurigakan. Keren juga ternyata si MalwareBytes ini.
malwarebytes block malicious website

Dan yang terakhir sebagai bukti keampuhan MalwareBytes ini. Saya install juga di komputer tetangga dan berhasil mendeteksi malware error Run DLL, nengine.dll (mungkin termasuk jenis adware ini). Sedangkan antivirus lainnya tidak berhasil mendeteksi malware ini. Memang mantapz... MalwareBytes dilawan... hahaha...

error nengine dll

So, Kesimpulannya…
  1. MalwareBytes termasuk antivirus alternatif terbaik. File installannya kecil, ringan dan hasilnya luaaarrr biasaaa…
  2. Jangan takut sama yang namanya malware… itu adalah bagian dari kehidupan di dunia maya… hahaha…
  3. Jangan pernah berpikir bahwa dengan menggunakan anti virus komputer kinerjanya menjadi lambat dan berat. Hari gini ndak pakai antivirus karena alesan komputer berat… emangnya elo yang kerja… wkwkwkwk…
  4. Jangan berpatokan atau fanatik pada satu antivirus. Karena belum tentu ke depannya bisa menjamin keamanan komputer anda dari virus. Tidak ada antivirus yang benar-benar 100% full menjamin anda tetap aman… kombinasikan dengan antivirus yang lain… Istilah lainnya, Tidak Ada Kawan dan Lawan yang Abadi… (ekstrim banget… seperti di politik saja… hahaha…)
  5. Semoga bermanfaat :)…

Referensi :
http://www.tekno-pedia.com/perbedaan-malware-virus-worm-spyware-dan-trojan/#ixzz30FzCdqSw
http://inet.detik.com/read/2012/12/12/115310/2116391/1440/4/virus-malware-worm--trojan-apa-sih-bedanya

4 comments:

  1. pakai ini patch PES ane kena juga....hahahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang masih dibutuhkan patchnya... Di MalwareBytes, ada options untuk meng-exclude atau meng-ignore file / folder yang diinginkan...

      Delete
  2. I've been using Kaspersky protection for many years now, I recommend this solution to everyone.

    ReplyDelete