Thursday, January 03, 2013

Membuat Template Multisensor di Cacti

Agar lebih menarik, beberapa sensors ditampilkan dalam 1 buah grafik saja di cacti. Bagaimana cara melakukannya ???
Postingan ini lanjutan dari postingan sebelumnya tentang "Membuat Grafik Sensors di Cacti" Jika kita memiliki beberapa buah sensors, misalkan disini ada 5 buah sensors voltage, kita bisa menjadikan kelima sensors menjadi 1 buah grafik. Default graph template sensors voltage di cacti adalah untuk 8 buah sensors (8 X). Bisa saja kita langsung memasukkan ke lima sensors pada template 8 X. Namun karena di template harus diisi semua 8 buah sensors, maka pasti nantinya akan ada yang double. Ndak keren donk kalo ada beberapa sensors yang double. Untuk itu kita harus menyesuaikan dengan merubah template sensors 8 X menjadi 5 X, sesuai dengan jumlah sensors yang kita miliki.

1. Klik "Graph Templates", pilih "Graph Sensors" yang ingin dirubah misalnya "Sensors - ucd/net - lmSensors - Voltage Sensors (8x)". Pada "Chose action" pilih "go".
Graph cacti

2. Masukkan title perubahnya, misalnya "Sensors - ucd/net - lmSensors - Voltage Sensors (5x)".
Cacti - sensors thermal

3. Klik kembali "Graph Template" yang sudah dirubah tersebut. Pada bagian "Graph Item"  dan "Graph Item Input", delete beberapa buah baris sensors sampai sisanya 5 buah. Jangan lupa klik "Save" di bagian pojok kanan bawah.
cacti - graph template

4. Selanjutnya kembali ke "Console" >> "Create Graph" 
cacti - create graph 

5. Pilih "Host" >> "Select a Graph type to create" (Sensors - ucd/net - lmSensors - Voltage Sensors (5X), dan pilih "Create" di pojok kanan bawah.
cacti - graph cacti multisensors

6. Pada "Graph Management", pilih template yang sudah dirubah tadi, dalam contoh ini "Voltage sensors 5X"
Cacti - graph management

Di bagian "Graph Item Fields" tentukan voltage sensors 1, 2, 3 dan seterusnya.
Cacti - graph item fields

7. Selesai. Hasilnya bisa dicek dengan klik "Graph". Silahkan dieksplore sendiri, ada banyak option untuk melihat hasil tampilan grafik di cacti. 
Sampai disini, semoga bermanfaat ... !!!

No comments:

Post a Comment