Thursday, January 03, 2013

Membuat Template Multisensor di Cacti

Agar lebih menarik, beberapa sensors ditampilkan dalam 1 buah grafik saja di cacti. Bagaimana cara melakukannya ???
Postingan ini lanjutan dari postingan sebelumnya tentang "Membuat Grafik Sensors di Cacti" Jika kita memiliki beberapa buah sensors, misalkan disini ada 5 buah sensors voltage, kita bisa menjadikan kelima sensors menjadi 1 buah grafik. Default graph template sensors voltage di cacti adalah untuk 8 buah sensors (8 X). Bisa saja kita langsung memasukkan ke lima sensors pada template 8 X. Namun karena di template harus diisi semua 8 buah sensors, maka pasti nantinya akan ada yang double. Ndak keren donk kalo ada beberapa sensors yang double. Untuk itu kita harus menyesuaikan dengan merubah template sensors 8 X menjadi 5 X, sesuai dengan jumlah sensors yang kita miliki.

1. Klik "Graph Templates", pilih "Graph Sensors" yang ingin dirubah misalnya "Sensors - ucd/net - lmSensors - Voltage Sensors (8x)". Pada "Chose action" pilih "go".
Graph cacti

2. Masukkan title perubahnya, misalnya "Sensors - ucd/net - lmSensors - Voltage Sensors (5x)".
Cacti - sensors thermal

3. Klik kembali "Graph Template" yang sudah dirubah tersebut. Pada bagian "Graph Item"  dan "Graph Item Input", delete beberapa buah baris sensors sampai sisanya 5 buah. Jangan lupa klik "Save" di bagian pojok kanan bawah.
cacti - graph template

4. Selanjutnya kembali ke "Console" >> "Create Graph" 
cacti - create graph 

5. Pilih "Host" >> "Select a Graph type to create" (Sensors - ucd/net - lmSensors - Voltage Sensors (5X), dan pilih "Create" di pojok kanan bawah.
cacti - graph cacti multisensors

6. Pada "Graph Management", pilih template yang sudah dirubah tadi, dalam contoh ini "Voltage sensors 5X"
Cacti - graph management

Di bagian "Graph Item Fields" tentukan voltage sensors 1, 2, 3 dan seterusnya.
Cacti - graph item fields

7. Selesai. Hasilnya bisa dicek dengan klik "Graph". Silahkan dieksplore sendiri, ada banyak option untuk melihat hasil tampilan grafik di cacti. 
Sampai disini, semoga bermanfaat ... !!!

1 comment: