Saturday, June 22, 2013

Materi Latihan Networking (part 1)

Ini adalah materi lama, berupa latihan mengenai network / jaringan. Materi ini sumber original by Mr. Kim. Memang materi lama, menggunakan windows 98 SE, namun tidak ada salahnya untuk dicoba,  setidak-tidaknya menambah ilmu buat anda yang senang dengan networking. Ada 6 buah latihan yaitu
  1. Install Windows 98 Second Edition
  2. Direct cable connection.
  3. Pasang dan konfigurasi kartu jaringan (Network card)
  4. Membuat kabel UTP(Unshield Twisted Pair)
  5. Konfigurasi Peer-to-Peer Network di Windows
  6. Sharing Printer dan Pakai printer di jaringan

Latihan 1.
Install Windows 98 Second Edition
Setelah membuat partisi dengan program FDISK, anda harus format hard disk c: dan d: dsb. Dengan Widows 98 Startup disk, anda bisa booting system. Kalau install windows 98 dari CD-ROM, anda harus memilih opsi 1 yaitu Start up with CD-ROM support. Masukkan windows 98 CD dan pindah directory CD-ROM (Kalau anda membuat dua partisi CD-ROM Dirve-nya menjadi f: ).
  1. Ketik  setup  untuk memulai install Windows 98 kemudian Enter dua kali.
  2. Setelah scandisk cek hard disk anda bisa lanjutkan dengan pilih opsi exit. Tekan tombol x.
  3. Windows 98 Setup menu akan muncul, klik continue untuk melanjutkan.
  4. Select Directory menu akan muncul, Maksudnya directory mana anda mau installnya. Jadi biasanya pilih c:\windows, klik next. Kalau mau install di directory lain pilih other directory dan ketik directory yang anda mau.
  5. Setup Options menu akan muncul. Anda harus memilih salah satu opsi. Typical (opsi yang direkommendasi, maksudnya elemen fundamental sudah ditentukan oleh MS), Portable (opsi ini untuk laptop komputer), Compact (opsi ini untuk install komponen minimal), Custom (opsi ini biarkan anda bisa memilih komponen masing-masing, jadi kalau anda memahami semua komponen di windows anda bisa pilih opsi ini). Jadi anda sebaiknya pilih opsi Typical. Klik next.
  6. Windows componets menu akan muncul. Ada dua pilihan, Pilihan yang pertama untuk install komponen umum. Kalau mau melihat komponen masing-masing pilih opsi kedua. Jadi sebaiknya anda pilih opsi yang pertama kemudian klik next
  7. Identification menu akan muncul. Ketik nama komputer, workgroup dan computer description (Keterangan komputer, anda bisa mengisi apa saja). Memberikan nama komputer apa aja anda mau dan nama workgroupnya mendapat dari network administrator. Kalau tidak pakai network anda boleh memberikan nama apa saja, tapi mau pakai LAN, nama workgroupnya harus sama. Setelah mengisi semua informasi klik next
  8. Establishing Your Location menu akan muncul. Pilih negara anda yang sedang ada. Setelah itu klik next
  9. Startup Disk menu akan muncul. Klik next. Insert Disk menu akan muncul untuk membuat Windows 98 Startup Disk di drive A:. Kalau anda mau membuat, masukkan Floppy disk yang kosong dan klik OK. Kalau tidak mau klik Cancel saja.
  10. Starting Copying Files menu akan muncul. Maksudnya file-file windows akan dicopy ke hard disk. Klik next. Dan tunggu puluhan menit. Setelah semua file-file dicopy, komputer akan restart secara otomatis.
  11. User Information menu akan muncul. Isi nama pemakai (user name) dan nama perusahaan (company). Klik next
  12. License Agreement menu akan muncul. Anda harus setuju license ini. Kalau tidak menerima license ini berarti anda tidak install windows. Jadi pilih “I accept the Agreement” Klik next.
  13. Widows Product Key menu akan muncul. Anda harus mengisi product key ini. Biasanya product key tercantum pada buku pedoman windows atau CD case. Kalau pakai CD bajakan pada umumnya cd key file disimpan di dalam CD-ROM. Setelah isi product key klik next.
  14. Start Wizard menu akan muncul. klik Finish.
  15. Komputer akan mencari perangkat keras yang sudah dipasang di sistem diri sendiri. Setelah itu akan restart secara otomatis.
  16. Windows 98 Setup menu akan muncul. Di menu Date/Time Properties, Anda mengkonfigurasikan tanggal , waktu dan zona waktu. Kemudian klik Close
  17. Windows 98 akan menjalankan Setup sendiri. Kemudian restart secara otomatis.
  18. Sekarang Widows 98 sudah diinstall. Anda dapat memulai install driver perangkat keras masing-masing. Misalnya Video card, Network card, Sound card driver atau adapter. Biasanya driver disajikan ketika membeli perangkat keras itu.

Latihan 2.
Direct cable connection
Jika kita memakai fungsi direct cable connection, kita tidak perlu mempunyai modem atau network card. Kita perlu hanya 25 pin parallel port communication cable (kabel paralel yang ujungnya sama). Ini disebut juga Null modem cableatauFX cable’.Null modem berarti kita tidak memakai modem.
Kalau kita mengecek kabel paralel biasa untuk printer, kita bisa tahu ujungnya berbeda. Tetapi kabel paralel untuk direct cable connection dibuat dua-duanya sama.Susunannya sebagai berikut
direct cable connection

Kecepatan parallel port adalah 115 kbps, sedangkan kecepatan serial port adalah 19.2 kbps. Untuk USB port kecepatannya adalah 12 Mbps, dan USB port versi 2 adalah 480 Mbps.

Konfigurasi windows untuk direct cable connection
  1. Buka control panel kemudian klik ganda icon network.
  2. Anda memerlukan komponen jaringan Client for Microsoft Networks, NetBEUI protocol for dial-up network dan Dial-Up Adapter di daftar komponen. Jika komponen tersebut sudah diinstall loncat ke 4.
  3. Klik add untuk memilih komponen jaringan. Klik ganda Client terus klik Microsoft dan Client for Microsoft Networks. Klik OK.
  4. Klik kotak File and Print Sharing dan kasih tanda kotak masing-masing.
  5. Klik Identification untuk memberikan nama kompuer dan workgroup. Nama komputernya berbeda tetapi anda harus memakai nama workgroup sama, kalau tidak, anda tidak bisa berkomunikasi antara dua komputer. Klik OK.
  6. Restart computer
Install Direct Cable Connection
  1. Klik Start –> Programs>Accessories –> Communications.
  2. Jika Direct Cable Connection programnya sudah ada loncat aja. Jika tidak, Buka control panel dan klik ganda add/remove programs.
  3. Klik Windows Setup terus klik ganda communications.
  4. Pilih Direct Cable Connection.
  5. Komputer akan minta Windows 98 CD dimasukkan jika folder win98 sudah dikopy ke hard disk, cari folder tersebut dan klik OK.
Bagaimana caranya mensharingkan disk atau folder ?
  1. Buka my computer atau windows explorer
  2. Pilih disk atau folder yang akan disharing kemudian klik tombol mouse kanan.
  3. Klik sharing lalu kasih tanda shared as:
  4. Anda bisa mengkonfigurasikan tipe aksess dan memberi sandi (password).
  • Read-Only (File atau data bisa dibaca saja)
  • Full ( Semua bisa )
  • Depends on password ( Tergantung password )
Untuk keamanan anda sebaiknya memberikan password, jika tidak orang lain bisa diaksess tanpa password.

Bagaimana caranya memakai Direct Cable Connection program ?
  1. Start –> Programs> Accessories –> Communications> Direct Cable Connection.
  2. Pasang kabel parallel
  3. Anda harus menentukan peranan komputer masing-masing. Komputer yg bersumber dan diaksess harus menjadi host dan komputer yg akan mengaksess dan mengambil data harus menjadi guest
  4. Pilih Parallel cable on LPT1. Klik next.
  5. Komputer host bisa memakai fungsi keamanan dengan cara set password
  6. Komputer guest akan ditanya User name dan password untuk aksess jaringan. Pakai user name dan password apa saja boleh tapi setelah membuat itu jangan lupa. Kemudian akan ditanya lagi nama komputer host, isilah nama komputer host.
  7. Kalau konfigurasinya sudah selesai klik finish dan tunggu sampai terkoneksi.

Latihan 3.
Pasang dan konfigurasi kartu jaringan (Network card)
Jika kita memakai kartu jaringan (network card), kita dapat berkomunikasi lebih cepat daripada direct cable atau modem telepon biasa. Kecepatan kartu jaringan sekarang adalah 10Mbps sampai 100Mbps. Jadi kalau kita hanya memakai LAN(Local Area Network), kita menikmati kecepatan besar.
Dewasa ini kebanyakan kartu jaringan memakai kabel UTP(Unshiled Twisted Pair) dan port PCI(Peripheral Component Interconnect). Tetapi masih ada kartu jaringan yang memakai kabel koeksial dan port ISA(Industrial Standard Architecture). Jadi anda harus mempertimbangkan dulu yang mana dipakai dan lingkungan jaringan anda mendukung peralatan apa.

Bagaimana caranya memasang kartu jaringan ?
  1. Buka sistem komputer dulu, anda bisa lihat motherboard disana ada port PCI atau ISA. Pasangkanlah kartu jaringan anda sesuai dengan model portnya.
  2. Hidupkan komputer. Biasanya Windows 98 akan mendeteksikan perangkat keras baru jadi kartu jaringan juga dideteksi secara otomatis.
  3. Klik next dua kali, kemudian windows 98 akan minta file driver. Jika anda mempunyai disket yg sudah tersedia dari perusahaan kartu jaringan, masukkan disket tersebut dan kasih tanda di kotak floppy disk driver. Jika mempunyai CD-ROM, masukkan CD-ROM dan kasih tanda di kotak CD-ROM drive. Jika anda mau mencari file driver, kasih tanda yg terakhir dan klik. Browse (menjelajah). Klik next
  4. Jika windows 98 sudah ditemukan file drivernya, klik next dua kali.
  5. Jika windows 98 minta windows 98 CD, masukkan CD di CD-ROM drive. Kemudian klik OK. Kalau isi windows 98 CD sudah dikopy ke hard disk, cari folder win98 dan klik OK.
  6. Jika sudah selesai, anda harus restart computer. Klik yes

1 comment: